Profil RIC FSM Undip

Berawal dari inisiatif yang kemudian diapresiasikan menjadi sebuah kerja nyata. Bersama satu payung dengan BEM FMIPA mencoba mewujudkan kerja nyata tersebut. Meskipun pada awalnya tidak semulus apa yang diharapkan, karena belum mampu menjadi badan otonom, maka badan ini dinamakan Badan Semi Otonom Riset BEM FMIPA Universitas Diponegoro atau yang akrab kita sebut dengan nama BSO Riset FMIPA Universitas Diponegoro.

BSO Riset FMIPA berdiri pada akhir tahun 2006 dengan pengurusnya yang masih sangat minim. Mereka diantaranya adalah Abdurrohman Fisika `03, Doni Biologi ‘03 dan beberapa pengurus lainnya. Tujuan awal didirikannya BSO Riset adalah untuk mengoptimalkan kontribusi dan peran mahasiswa agar siap bersaing menghadapi dunia profesi. Karena atmosfer di MIPA yang kental dengan penelitian maka tugas kita adalah menghidupkan penelitian untuk mengoptimalkan peran kita sebagai mahasiswa yang kemudian akan memeberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalan Seminar-Seminar Hasil Penelitian Dosen, Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah. Pada tahun kedua badan riset ini masih menjadi Badan Semi Otonom Riset yang kemudian dengan ketuannya adalah Abdurrohman Fisika `03, kemudian tahun berikutnya BSO Riset dinahkodai oleh Taumy Alif  Firman Kimia ‘05. Sepak terjangnya dalam menghidupkan riset di MIPA patut diacungi jempol. Sebelum menghidupkan riset di MIPA ternyata beliau telah menghidupkan riset pada dirinya sendiri. Tentu saja ini perlu kita contoh. Pada periode kepengurusan Taumy Alif Firman ini, beberapa acara terselenggara seperti Menuju 100 proposal PKM, Pelatihan Metodologi Penelitian se-Jateng & DIY, Seminar Ilmiah Sehari dan beberapa acara lainnya.

Dan saat itu dirasa sudah cukup pantas BSO Riset menjadi badan otonom. Sehingga pada tahun ketiga ketika kepemimpinan dipegang oleh Purbo Adi W Insel `07 pada tanggal 1 April 2009, BSO Riset resmi menjadi sebuah Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) bernama RIC (Research Incubator Center). Tanggal 1 April ini kemudian ditetapkan menjadi Hari Lahir RIC. Tahun berikutnya (2010) RIC dipegang oleh Muhammad Mulyadi Biologi `08 sebagai wadah aktivitas dan aktualisasi mahasiswa FMIPA UNDIP dalam bidang akademis, khususnya peningkatan sisi edukasi (softskills) dan penelitian yang mengedepankan akhlak dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam setiap aktivitasnya dalam kerangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Tahun 2012 Fakultas MIPA resmi berganti nama menjadi Fakultas Sains dan Matematika (FSM). Sehingga pada saat itu juga ketika dipimpin oleh Arief Seno Nugroho (Statistika 2009) diadakan Musyawarah Luar Biasa (MUSLUB) untuk mengganti nama FMIPA yang ada di logo menjadi FSM. dan pada saat itu juga resmi menyandang nama RIC FSM Undip. Torehan prestasi terus mewarnai tahun demi tahun di RIC. Saat ini RIC telah mengantongi prestasi antara lain: Lembaga Riset Terfavorit 2010, Lembaga Riset Terbaik 2012, serta Penerima Hibah Bina Desa dari Dikti tahun 2012.

Harapan kami adalah RIC dapat terus menorehkan berbagai prestasi serta menjadikan FSM sebagai pioner riset. Senada dengan visi Universitas Diponegoro menuju Universitas Riset tahun 2020. Kebanggaan kita sebagai mahasiswa ketika mampu memberikan karya yang terbaik bagi kemajuan bangsa Indonesia……..

SALAM PRESTATIF

_________________

Pimpinan RIC dari Masa ke Masa

2010 : Muhammad Mulyadi (Biologi 2008)

2011 : Sani Musyafa Hikam (Matematika 2008)

2012 : Arief Seno Nugroho ( Statistika 2009)

2013 : Muhammad Amal nurhakim (Biologi 2010)

2014 : (Who the next?)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s